Membuat Prefab, GameObject Child, Rigidbody, Physics Material dan Custom Environtment

Tutorial yang akan saya berikan kali ini adalah "Membuat Prefab, GameObject Child, Rigidbody, Physics Material dan Custom Environtment" pada Unity 3D.


Pertama buatlah project seperti tampilan berikut ini:




Klik NEWpada bagian kanan atas.



Beri nama project beserta lokasi tempat project yang akan disave sesuai dengan keinginanmu. Jika sudah klik CREATE.


Tunggu hingga loading selesai.


Setelahp selesai download sebuah asset pada link berikut https://assetstore.unity.com/packages/3d/environments/free-low-poly-desert-pack-106709




Pilih "Add to My Assets". *Jika belum punya akun, buatlah terlebih dahulu.



Maka akan tampil seperti gambar diatas. Pilih "Open in Unity".



Pilih Download pada sebelah kanan bawah, setelah selesai, Klik tombol Import.




Pilih Import.



Masuk ke dalam folder Assets > Free Low Poly Dessert Pack > Unity Profiles lalu buatlah environtment sesuai dengan imajinasi kamu.



Ubah posisi kamera sedemikian rupa agar enak dipandang.

Setelah itu kita akan membuat langit agar terasa lebih nyata. Buka link berikut https://assetstore.unity.com/packages/2d/textures-materials/sky/skybox-4183





Lakukan langkah tadi saat kita ingin mendownload assets diatas.




Jika lupa, perhatikan kembali cara sebelumnya yang ada diatas.



Jika sudah, buka folder Assets > skyb1 lalu drag gambar yang aktif seperti yang ada diatas ke arah langit pada scene.





Pilih Mixed_Ground_01 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject > Create Empty Child lalu beri nama "TitikJatuh".

Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects > 3D Object > Sphere dan beri nama "MyBall". 

Tambahkan sebuah material baru berupa gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets > Import New Assets..., Pilih gambar...

Gambar bisa di download di https://publicdomainvectors.org/photos/1171-soccer-ball-texture-background-vector.jpg

Klik MyBall dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component > Physics > RigidBody.

*Penjelasan

Rigidbody adalah sebuah komponen pppenting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Lalu buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets > Create > Physics Material lalu beri nama Bounce.



Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 yang berfungsi membuat bola seakan memantul.



Pada tab Inspector GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall.




Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets.


Jika Prefab MyBall sudah dibuat, Anda dapat menghapus GameObject MyBall dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.

Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script.




Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini.




Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter Bola diisi.

Parameter Tempat Jatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.




Buat sebuah GameObject Plane dengan cara GameObjects > 3D Object > Plane. Sesuaikan seperti digambar.

Jalankan Games dan klik tombol Buat Bola berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.


Selesai...




Komentar